Wednesday, July 25, 2012

Ramadhan pertama bersama akachan

Alhamdulillah....
Hari ini memasuki hari ke-5 Ramadhan dan akhirnya aku memutuskan untuk tidak berpuasa dulu hari ini setelah 4 hari sebelumnya, aku dan akachan puasa full dengan riang gembira :D

Sebenarnya, boleh ga siy ibu hamil berpuasa?

Pasti semua calon ibu bertanya hal sama di kehamilan pertamanya. Begitu pula aku. Kebetulan, hari pertama Ramadhan tahun ini bertepatan dengan usia akachan dalam perut memasuki bulan ke-6. Dan di hari yang sama pula jadual kami periksa bulanan ke dokter kandungan.
"Ibu Anita puasa?"
"Iya dok, inshaAllah.."
"Ibu boleh berpuasa asal tidak lupa sahur dan minum air putih yang banyak. Tapi begitu ada keluhan, langsung dibatalkan saja, jangan dipaksakan ya bu.."

Alhamdulillah, setelah diperiksa USG, akachan sehat walafiat. Pasti itu juga salah satu alasan dokter memperbolehkan aku puasa.

Kekhawatiran pun muncul di hari ke-4 puasa. Akachan tidak seaktif biasanya. Bunda mana coba yang ga khawatir kalo baby diperutnya lagi2 berhenti bergerak. Sekalinya gerak, hanya gerakan kacil dan lemah. Sore hari, perut pun mulai terasa sedikit nyeri. Tadinya suami udah keukeuh nyuruh aku batalkan puasa, "bisi ada apa2 bunda.." katanya di telepon. Tapi karena rasa nyeri masih dalam batas toleransi, aku teruskan hingga magrib. Toh hanya tinggal 1.5 jam lagi, batinku dalam hati. Alhamdulillaaahh....begitu buka puasa, akachan gerak dengan lincah lagi.

Haduh nak... tiap kali kamu ga gerak tuh bunda rasanya panik bangeett... Akhirnya, hari ini aku memutuskan untuk tidak berpuasa dulu. Kebetulan suami dan mamah jg ribut nyuruh aku untuk selang-seling puasa. Tidak perlu full sebulan karena kasihan ke akachan. Aku nurut aja. Walaupun aku ngerasa sehat dan kuat buat puasa, tapi aku tetep harus mikirin akachan. Kasian juga kl dia lemes di dalem perut, ga nendang2 bunda sekencang biasanya :)


InshaAllah ya nak, Allah SWT memberikan banyak kemudahan untuk hamba-Nya dalam segala kondisi. Besok kita puasa lagi yaa... Bismillahirrahmanirrahim.. Ganbatte!

With Love,
Bunda & abah

No comments:

Post a Comment